Sunday, August 14, 2011

Produk Unggulan Ekspor Indonesia

Profil ekspor Indonesia telah berubah tidak lagi didominasi oleh 10 komoditi utama ekspor namun sudah mulai terdiversifikasi.

Komoditas yang memiliki prospek ekspor tinggi antara lain ; tekstil dan produk tekstil (TPT), alas kaki, otomotif,kertas,kelapa sawit (CPO),kakao olahan dan biji kakao,Kopi,karet dan produk karet.

Hingga kini produk ekspor Indonesia paling banyak dijual ke Jepang.

Sementara data BPS menunjukan ekspor non migas Indonesia ke Jepang Maret mencapai angka terbesar yaitu 1,53 miliar Dolar AS disusul Amerika Serikat dan China

Sayangnya, produk industri yang diekspor masih didominasi oleh barang mentah atau barang setengah jadi. Nilai ekspor tertinggi terdapat di komoditas kelapa sawit dengan nilai US$ 17,5 miliar , lalu disusul produk tekstil senilai US$ 11 miliar. Produk dengan nilai terbesar ketiga adalah olahan karet dengan nilai US$ 9,5 miliar.



“Dulu profil ekspor nonmigas kita terdiri dari 60 persen 10 komoditi utama, sekarang porsinya turun menjadi 35 persen,”

Semakin banyak komoditi potensial yang semakin kompetitif di pasar global seperti makanan olahan, perhiasan, ikan dan produk ikan, kerajinan dan rempah-rempah, kulit dan produk kulit, peralatan medis, minyak atsiri, peralatan kantor dan tanaman obat. “Tapi produknya masih tradisional, belum benar-benar diolah,”

Diversifikasi tujuan ekspor juga sudah terjadi dengan berkurangnya porsi ekspor ke negara tujua utama seperti Amerika Serikat, Jepang dan Uni Eropa dari sekitar 50 persen menjadi 30 persen. “Sekarang ekspor kita lebih banyak ditujukan ke Asia dan negara-negara berkembang lainnya, porsinya sekitar 45 persen,”

Sumber: BPS 2011

4 comments:

  1. Secara nilai, lebih menguntungkan ekspor ke negara amerika dan eropa atau negara asia?

    jasa pindahan rumah

    ReplyDelete
  2. bagaimana cara mengetahui harga pasaran barang yang akan diekspor?

    Jual beli property

    ReplyDelete
  3. YANG BISA SUPPLAY KOPRA PUTIH SILAHKAN HUBUNGI SAYA an. Rahmat Permana hp : 081274053009 dan email saya : rahmatpermana74@yahoo.com (HARGA PER - KG TERIMA DITEMPAT DAN HARGA TERIMA DI SURABAYA MOHON JELAS, KESANGGUPAN KAPASITAS PERBULAN )

    ReplyDelete

  4. Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (contact@saintloan.com) atau kunjungi situs web kami (www.saintloan.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    ReplyDelete

Peluang Bisnis Ekspor Terbuka Lebar, Dengan Ide Besar Kita Bisa Bangun Usaha Ini Tanpa Modal. Bila Ingin Belajar Bisa Bergabung di Forum BDR Bila anda adalah supplier untuk barang-barang ekspor, dengan senang hati kami menerima kerjasama pemasaran untuk produsesn dan marketing, silahkan kontak kami

Artikel Terbaru Forum Bisnis Ekspor Indonesia