Tuesday, December 27, 2011

Fine Catechine Ekstrak Gambir / Gambier

Fine Catechine Ekstrak Gambir / Gambier


Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan bernama sama (Uncaria gambir Roxb.). Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan pada menyirih. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai bahan campuran menyirih.

Hampir 95% produksi dibuat menjadi produk ini, yang dinamakan betel bite atau plan masala. Bentuk cetakan biasanya silinder, menyerupai gula merah. Warnanya coklat kehitaman. Gambir (dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai gambier) biasanya dikirim dalam kemasan 50kg. Bentuk lainnya adalah bubuk atau “biskuit”. Nama lainnya dalah catechu, gutta gambir, catechu pallidum (pale catechu).

Umumnya, gambier dikenal berasal dari Sumatera Barat. Terutama dari Kabupaten 50 Kota. Sebagai sentra penghasil gambior, Kabupaten 50 Kota merupakan lokasi yang strategis dan cocok untuk investor perkebunan. Harga jualnya di tingkat petani per kg adalah IDR 5.000 hingga IDR 20.000; di pasaran ekspor harganya berkisar dari USD1,46 hingga USD2,91. Ekspor gambir juga menunjukkan pertumbuhan yang baik.

Diketahui, gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan); penyamak kulit; dan bahan pewarna tekstil untuk industri batik. Selain itu juga gambir digunakan penduduk sebagai ramuan untuk mengkonsumsi sirih dan obat untuk sakit perut.

Fungsi yang tengah dikembangkan juga adalah sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel. Produk ini masih harus bersaing dengan sumber perekat kayu lain, seperti kulit kayu Acacia mearnsii, kayu Schinopsis balansa, serta kulit polong Caesalpinia spinosa yang dihasilkan negara lain.

Bila gambir yang diekspor tersebut digunakan sebagai bahan baku perekat kayu lapis didalam negeri maka baru akan memenuhi kebutuhan tiga pabrik kayu lapis yang berkapasitas 5000-6000 m3/bulan. Hal ini akan masih tetap terlalu sedikit dibanding kebutuhan pabrik kayu lapis dan papan partikel yang ada di Pulau Sumatra. Dan gambier

dapat diolah didalam negeri menjadi bentuk yang lain dari sekarang, seperti bentuk biskuit dan tepung gambir sesuai dengan permintaan pasar dunia. Negara India saja membutuhkan gambir sebanyak 6000 ton pertahun. Terlihat bahwa prospek luar negeri masih terbuka.

Klasifikasi ilmiah tanaman Gambir

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Gentianales
Famili : Rubiaceae
Genus : Uncaria
Spesies : U. gambir
Nama binomial : Uncaria gambir

If you need a good quality Gambier you can order immediately , Quick order

Email : oke.farida@gmail.com

Travel Bandung

9 comments:

  1. saya mahasiswa dari akademi pimpinan perusahaan, jurusan perdagangan internasional. saya tertarik dengan forum ini.
    apakah saya bisa bergabung?
    dan adakah ekspor atau bisnis real yang dapat saya lakukan sekarang?
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Saya Sepriadi Berutu, SP lulusan Universitas Riau. Di daerah saya berpotensial untuk menyetok produk getah gambir. Apakah saya bisa bergabung dlam kerjasama bisnis ekspor gambir trsbut ?

    ReplyDelete
  3. saya adalah Ardi Angkat, dan saya adalah petani gambir yang ada di daerah kabupaten pakpak bharat, apakah saya bisa bergabung?

    ReplyDelete
  4. saya Riki candra saya petani gambir di daerah sumatera barat (Siguntur Muda) saya sangat tertarik dengan forum ini dan kita bisa bekerja sama dalam hal ekspor gambir ini.
    bisa Hub saya di WA HP 081266130809

    ReplyDelete
  5. saya petani gambir di kapur 9 kabupaten 50 kota, sumbar.saya jg sangat tertarik dg forum ini . dan kalau ada kerja sama ,saya juga berminat.ikut bergabung.

    ReplyDelete
  6. Saya Freddy hp/wa 085217777717 pengen membantu petani gambir di daerah Kab 50 Kota. Sekrg kerja sama dg dosen Politani Unand Tg.Pati, telah berhasil mendapatkan chatecin 86 dan tannin 15 Maka dari itu saya mencari konsumen/perusahaan yg membutuhkan !wassalam

    ReplyDelete

Peluang Bisnis Ekspor Terbuka Lebar, Dengan Ide Besar Kita Bisa Bangun Usaha Ini Tanpa Modal. Bila Ingin Belajar Bisa Bergabung di Forum BDR Bila anda adalah supplier untuk barang-barang ekspor, dengan senang hati kami menerima kerjasama pemasaran untuk produsesn dan marketing, silahkan kontak kami

Artikel Terbaru Forum Bisnis Ekspor Indonesia